Mfirdaus88’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

SI lawan TI … ))I((

Kedua istilah di atas memiliki kaitan yang erat di bidang informasi. TI dan SI pun sudah beragam aplikasinya mulai dari institusi kecil sampai yg berskala internasional. Semuanya itu berawal dari kebutuhan perusahaan akan pengelolaan informasi yang cepat, akurat, efektif, dan efisien. Hal ini di dorong oleh begitu cepatnya perubahan yang terjadi sehingga dibutuhkan ‘pelayanan’ informasi yang memadai.

Sistem Informasi

Sebuah sistem yang mengolah data  menjadi informasi yang diinginkan oleh user. Data yang diperoleh dianalogikan sebagai sebuah bahan dasar (raw material) yang akan diolah menjadi sebuah produk sesuai keinginan customer. Sistem ini meliputi Metode, perangkat, dan lain2 yang dapat mendukung pengolahan data.

Teknologi Informasi

Adalah tools atau perangkat yang digunakan untuk mengolah data yang tersedia. Tools ini meliputi hardware, software, dan lainnya yang digunakan untuk mengolah data sesuai kebutuhan

Jadi, jelaslah perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Singkatnya TI adalah bagian dari SI karena dalam Sistem Informasi memuat Data yang akan diolah, people (user or operator), dan tools (teknologi informasi).

Wassalammualaikum Wr. Wb.

September 16, 2008 - Posted by | MIS here....

No comments yet.

Leave a comment